Berbagai Jenis Pembangunan yang Menjadi Pekerjaan Kontraktor Bangunan
Property

Berbagai Jenis Pembangunan yang Menjadi Pekerjaan Kontraktor Bangunan

Kontraktor merupakan perseorangan maupun kelompok yang menjalankan proyek yang bekerjasama dengan perusahaan, organisasi atau pemilik tertentu. Jasa dari kontraktor bangunan ini sangat diperlukan agar bangunan dapat diselesaikan dalam jangka waktu tertentu dan biaya yang sudah ditaksir sebelumnya. Oleh sebab itu, penyedia jasa konstruksi bangunan haruslah profesional, handal, jujur, dan transparan.

 

Beberapa Pekerjaan Kontraktor Bangunan

  • Bangunan komersial

Salah satu jenis bangunan yang ditawarkan adalah bangunan komersial yaitu bangunan yang digunakan sebagai lahan bisnis yang mendatangkan uang. Contoh dari bangunan komersial antara lain mall, hotel, supermarket, pasar, pertokoan, ruko, penginapan, dan villa. Karena bangunan tersebut mendukung kegiatan komersial, maka harus berada di lokasi strategis sehingga bisnis yang dijalankan tidak sepi.

  • Bangunan non komersial

Selain bangunan komersial, jasa kontraktor juga membangun bangunan yang bukan untuk keperluan bisnis. Bangunan tersebut difungsikan menjadi bangunan tempat tinggal, bangunan layanan pendidikan, bangunan layanan kesehatan, dan bangunan untuk beribadah yakni rumah, sekolah, laboratorium penelitian, perpustakaan, balai pelatihan, sanggar, klinik, masjid, kelenteng, gereja, panti asuhan, dan panti sosial.

  • Bangunan yang Direnovasi

Bukan hanya menawarkan jasa membangun bangunan baru, kontraktor juga menawarkan jasa merenovasi bangunan. Bangunan yang direnovasi antara lain tempat tinggal, gudang, pabrik, penginapan, toko, dan tempat ibadah. Biasanya renovasi yang dilakukan seperti memperluas ruangan, menambah ruangan, dan menambah lantai. Namun, biaya yang dibutuhkan cenderung lebih banyak dibandingkan membangun bangunan baru.

  • Eksterior Bangunan

Semakin pesatnya bisnis kontraktor untuk bangunan menjadikan banyak inovasi yang dilakukan salah satunya adalah penambahan jasa desain eksterior bangunan. Dengan begitu, kontraktor tidak hanya membuat bangunan kokoh namun juga mempercantik tampilan luar sehingga lahan depan tidak dibiarkan kosong. Desain eksterior bangunan meliputi desain teras, desain taman outdoor, dan desain gazebo taman.

  • Interior Bangunan

Jika eksterior bangunan disentuh, maka interior bangunan pun tidak diabaikan oleh pihak kontraktor. Desain khusus interior bangunan dapat diatur oleh penyedia jasa sehingga setiap ruangan memiliki kegunaan sebagaimana mestinya. Desainnya pun disesuaikan dengan keinginan pemilik, jadi tidak ada pihak yang dikecewakan. Jasa ini dapat digunakan untuk interior hunian, penginapan, kantor, dan restoran.

  • Taman kota

Pembangunan taman hijau kota juga tidak luput dari perhatian kontraktor mengingat taman mulai menjadi lokasi menarik bagi pengunjung. Selain itu, taman kota juga penting sebagai lahan hijau yang membuat udara menjadi segar dan lingkungan perkotaan menjadi asri. Desain taman kota biasanya disesuaikan dengan karakteristik kota karena kerap digunakan sebagai simbol kota tersebut.

Kontraktor untuk bangunan merupakan solusi terbaik untuk menjalankan proyek berbagai macam pembangunan dari mulai skala kecil hingga besar. Perencanaan matang yang meliputi target pembangunan, anggaran biaya, lokasi, dan prosedur membuat jalannya proyek lebih terarah. Selain itu, masalah desain interior maupun eksterior pun dapat diatasi sekaligus. Jadi, pastikan memilih kontraktor yang profesional dan terpercaya.